Fakta: Saat Tidur Otak Masih Sadar & Bisa Berfikir

Tidur adalah suatu kegiatan untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuh kita setelah seharian beraktivitas. Berdasarkan pelajaran biologi yang kita dapat sewaktu SMP - SMA, otak akan ikut beristirahat ketika tidur, masih ingatkah tentang pelajaran tersebut? :) Namun penelitian terbaru membuktikan bahwa otak manusia ternyata tidak berhenti bekerja ketika tidur.

Selain terus mengontrol organ lain dalam tubuh selama tidur, ternyata kemampuan otak untuk berpikir juga masih aktif. Peneliti mengungkapkan bahwa orang dapat mengklasifikasikan kata dalam tidurnya. Penelitian tersebut berlangsung di Cambridge dan Paris.

Fakta: Saat Tidur Otak Masih Sadar & Bisa Berfikir
adik bayi tidur dengan pulas / www.everything-beautiful.com
Dalam Current Biology ada sebuah studi yang menunjukkan otak manusia dapat melakukan tugas kompleks (multi tasking) terutama tugas yang berulang. Para peneliti memberikan tes kata pada para partisipan saat terjaga sampai tertidur, dan hasilnya, para partisipan terus memberikan respon yang benar.

Mekanisme Penelitian

Peneliti merekam aktivitas otak partisipan menggunakan sebuah alat yang bernama electroencephalogram (EEG). Partisipan diminta untuk mengelompokkan kata yang diucapkan, apakah benda atau binatang dengan menekan sebuah tombol. Hal ini memungkinkan peneliti untuk melacak respons dan mengkategorikan tiap kata berdasarkan respons di otak.

Kemudian, para partisipasan diminta untuk berbaring di ruangan gelap dengan mata tertutup (merem). Mereka diminta untuk terus menjalani tes kata sampai akhirnya benar-benar tertidur. Baca juga : Ini bahaya tidur di dekat HP yang aktif

Setelah tertidur, para peneliti memunculkan kata-kata baru untuk partisipan. Ini dimaksudkan untuk memastikan otak harus memproses maknanya terlebih dahulu sebelum memberikan perintah menekan tombol.

Hasil Penelitian

Hasilnya, partisipan yang tidur merespons dengan benar. Perbedaan terletak pada waktu respons. Respons otak orang tidur lebih lama dibandingkan dengan orang yang terjaga, dan tiak ada gerakan fisik sama sekali.

Sid Kouider, salah seorang peneliti dari Ecole Normale Superieure berujar, "Kami berhasil menunjukkan bahwa otak orang tidur ternyata jauh lebih 'aktif' dari yang kita duga sebelumnya," seperti dilansir dari Detik pada Jumat (12/9/2014).

Ditambahkan pula oleh Kouider, mungkin saja seseorang saat akan tidur dapat melakukan perhitungan sederhana dan terus mengidentifikasi apakah perhitungan tersebut benar atau salah saat tertidur. Kesimpulannya, semua kegiatan pikiran yang berjalan otomatis mungkin dapat dilakukan saat tertidur.

Penelitian ini bisa menjadi acuan pada riset selanjutnya terkait kemampuan berpikir otak saat tidur. Target penelitian berikutnya, para ilmuwan ini akan fokus untuk mendalami tentang bagaimana manusia dapat memanfaatkan waktu tidurnya.
source : http://www.catatankecilku.net, http://log.viva.co.id, http://flickr.com

Komentar